Jumat, 01 Maret 2013

PANCAROBA CETARKAN PASIEN PUSKESMAS KRONJO


 KRONJO-Setiap individu harus memiliki kemandirian dalam menjaga kesehatan di musim pancaroba. Hal ini diungkapkan oleh Jusran selaku Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Kronjo, jumat (1/3)

Pancaroba merupakan keadaan dimana cuaca tidak menentu sehingga mengakibatkan keadaan tubuh tidak stabil dan rentan terkena penyakit oleh karena itu puskesmas Kronjo memiliki strategi jitu untuk meminimalisir keadaan tersebut dengan cara mengadakan penyuluhan untuk memiliki kesadaran dalam menjaga kesehatan.
             
Dari data yang dimiliki oleh puskesmas kronjo ternyata jumlah pasien sangat meningkat di bandingkan dengan bulan February tahun lalu yaitu sekitar 80% yang pasien terbanyak yaitu dari kalangan dewasa dan penyakit yang banyak diderita oleh pasien yaitu diare,mencret,demam.
           
Tidak ada perbedaan pelayanan antara pasien yang tidak mampu maupun pasien yang mampu karena puskesmas kronjo lebih menekankan pada pemberikan pelayanan yang memuaskan untuk para pasien, karena,banyak sekali jaminan kesehatan dari pemerintah untuk membantu pasien miskin maupun lansia.

Namun bapak jusran selaku kepala puskesmas menyaatakan bahwa banyak sekali fasilitas yang belum memadai di puskesmas kronjo sehingga menghambat pelayanan  pengobatan masyarakat adapun fasilitas yang belum memadai diantaranya ialah ruangan bersalin,ruang inap,peralatan medis dan dokter gigi.

Menanggapi hal tersebut jajang selaku salah satu dokter di puskesmas kronjo mengatakan “masyarakat harus memiliki kesadaran dalam menjaga kesehatan terutama dalam menjaga lingkungan hidup yang sangat berpengaruh dalam kesehatan serta pola hidup sehat “ hal tersebut di ungkapkan ketika jajang sedang beroriantasi dengan salah satu siswa man kronjo.
           
           
  oleh: Mariam s.d.p                                                                                                                                                                                                                             









Tidak ada komentar:

Posting Komentar